Teknik Dalam Mengambil Sebuah Gambar Untuk Photograper Pemula

Teknik Dalam Mengambil Sebuah Gambar Untuk Photograper Pemula – Photography merupakan media dan wadah bagi seorang seniman yang menyukai foto. Seorang fotograper membuat dan menumpahkan segala macam ide, kreativitas, inovasi, dan juga sebagai sarana komunikasi terhadap suatu objeknya ke dalam media. Bagi seorang seniman, seni merupakan dunia dan kebahagiaan kita dalam kita berekspresi. Seni dapat membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih nyata. Tidak semua orang dapat berkembang dan melakukan kegiatan seni ini. Seorang seniman harus mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda. Terkadang orang awam yang tidak mengetahui seni bingung dalam mengartikan sebuah seni tersebut. Definisi umum dalam seni potography yaitu sebuah metode dan proses dalam menghasilkan jepretan foto maupun gambar dari suatu benda atau objek dengan merekam pantulan dari cahaya yang mengenai benda tersebut pada media yang peka terhadap cahaya itu.

Di zaman yang dimana dunia sudah sangat maju akan teknologinya tentu kita tidak asing dengan kamera yang berbagai macam tipe. Kamera ini mempunyai peran penting dalam dalam kita merangkah ke dalam dunia photography. Kamera DSLR, SLR, atau kita juga bisa memakai kamera gawai dalam mengambil suatu objek benda. Dalam mengambil gambar-gambar ini ada banyak teknik yang digunakan agar foto yang kita ambil terlihat indah, bagus, dan sempurna. Pada dasarnya, dalam memegang kamera agar kamera tidak goyang dan maksimal itu ada cara serta teknikya. Berikut cara yang benar dalam kita mengambil sebuah foto :
• Posisi tangan
Dalam posisi ini tangan kanan berguna untuk memegang kamera di bagian kanan. Posisi yang benar pada saat memegang kamera yaitu posisikan ibu jari dibagian belakang kamera dan jari telujuk di bagian shutter lalu tiga jari yang tersisa memposisikan dibagian depan kamera. Posisi tangan kiri biasanya digunakan untuk memegang lensa kamera yang digunakan apabila yang dipakai menggunakan lensa panjang. Jikalau memakai lensa biasa biasanya tangan kiri ini digunakan untuk menopang berat kamera saja agar tidak goyang dan fokus kepada objek.

• Posisi tubuh
Dalam membidik atau mengambil objek kita perlu bersandar kepada benda yang diam tidak bergerak. Hal ini membantu kita agar tubuh kita tiak goyang dan stabil. Apabila tidak ada sandaran kita dapat melakukan dengan memasang kuda-kuda dari kaki kita dan badan agak dicondongin ke depan agar tubuh kita stabil.

• Shutter
Sebagian orang akan menganggap remeh dalam menekan shutter. Shutter juga berperan dalam mengambil objek. Gunakan telunjuk bagian datar untuk menekan shutter, jangan sampai menggunakan ujung telunjuk karena akan membuat kamera goyang. Pastikan mengambil nafas sebulum menekan shutter agar tidak terjadi getaran dan membuat gambar tidak fokus.

• Fokus kamera
Fokus dalam sebuah kamera memang berbeda-beda. Terkadang kamera harus di setting terlebih dahulu agar fokus yang kita inginkan sesuai apa yang kita harapkan. Tentukan objek yang diinginkan lalu fokuskan buat gambar agar tidak blur. Objek atau gambar harus berada di tengah-tengah kamera. Setelah itu ambil nafas terlebih dahulu agar saat menekan shutter tidak terjadi getaran. Selanjutnya kita tinggal menekan shutter hingga di dalam viewfinder/live lcd kamera terdapat tulisan atau tanda fokus. Kemudian jangan lepaskan tombol shutter yang sudah setengah ditekan. Atur lagi frame yang kita inginkan setelah itu tekan secara penuh. Lihat hasil objek pada kamera.

Teknik dalam menggambil sebuah gambar memanglah sangat penting. Hal ini bertujuan agar objek maupun gambar dapat diambil secara sempurna. Lakukan teknik dan cara tersebut dalam mengambil sebuah foto agar hasil lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Pinterest
Instagram