4 Pengetahuan Dasar Yang Fotografer Pemula Harus Pelajari

4 Pengetahuan Dasar Yang Fotografer Pemula Harus Pelajari – Seperti sudah sering disebut oleh yang ahli dan profesional, belajar seni fotografi memang sebaiknya bertahap. Karena, ada beberapa hal dasar yang harus dikuasai dulu untuk bekal mengeksplor dan mempertajam kemampuan selanjutnya. Tertarik belajar seni fotografi? Beberapa pengetahuan dasar ini wajib dipelajari dulu.

1. Kenali Kamera
Mengenali kamera adalah hal paling mendasar. Kamera merupakan bagian dari fotografer. Fotografer hanya bisa menggunakannya dengan maksimal kalau mengenali betul bagian dan fitur yang ada. Pengenalan ini akan membantu fotografer menemukan triknya sendiri saat memotret dan memaksimalkan hasil dengan senjata yang dimilikinya.

Hal ini tampak sepele, tapi kebanyakan fotografer pemula berpikir asal tahu nama dan fungsi bagian dari kameranya sudah cukup. Faktanya, mengenal kamera sendiri butuh beberapa kali percobaan dahulu. Jadi, bagian ini saja tidak mudah.

2. Tombol Shutter dan Cara Menekannya
Tombol shutter adalah tombol yang ditekan ketika fotografer siap memotret obyeknya. Hal ini sepertinya juga sederhana, tetapi kesalahan menekan tombol shutter ini sudah menyebabkan hasil foto yang tidak maksimal bahkan malah jelek atau goyang.

Agar hasilnya baik, ada teknik sendiri untuk menekan tombol shutter. Pada situasi yang berbeda, tekniknya pun bisa jadi harus berbeda. Fotografer pemula perlu mempelajari teknik dasar ini dan mempraktikkannya pada situasi dan posisi yang berbeda agar benar-benar menguasainya.

3. Dalami Eksposur
Menurut salah satu fotografer profesional dari situs judi online di multibet88.online yang mengatakan bahwa eksposur adalah inti atau nyawa dari fotografi itu sendiri. Eksposur terbentuk dari tiga unsur utama yang meliputi ISO, difragma atau aperture, dan shutter speed. Untuk memahami eksposur, seorang fotografer harus lebih dulu memahami ketiga unsur tersebut.

Selain ketiga unsur tersebut, fotografer juga harus bisa membaca Light Meter yang berperan penting dalam bagian ini. Kesimpulannya, ketiga faktor dan kemampuan membaca Light Meter menentukan pemahaman fotografer akan eksposur. Jangan sampai hal ini tidak didalami.

4. Kenali Mode Pemotretan
Kebanyakan fotografer pemula memang sudah menggunakan kamera DSLR. Pada kamera ini mode pemotretan sudah disediakan dalam beberapa macam. Salah satunya adalah mode yang mudah atau biasa diberi nama mode auto. Ternyata, bukan mode ini saja yang harus dipelajari.

Seorang fotografer perlu mengenal beberapa mode pemotretan yang tidak disediakan oleh kamera itu sendiri. Hal ini karena mode-mode tersebut menentukan baik tidaknya pengembangan seni fotografi itu sendiri. Jadi jangan puas kalau baru tahu tentang mode yang ada di kamera. Masih ada yang lain yang harus dicari tahu lebih dalam.

Jadi, mempelajari seni fotografi sama dengan mempelajari cabang seni lain. Pengetahuan dasar yang harus dipelajari dulu sangat banyak dan tidak bisa dianggap remeh. Kalau pengetahuan dasarnya sudah mantap, memotret jadi lebih terasa menyenangkan dan bernyawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Pinterest
Instagram